Detail Berita


  • 30 Januari 2019
  • 2.465
  • Berita

Dalam upaya meningkatkan PHBS di masyarakat telah di terbitkan kebijakan PHBS baik di tingkat DIY maupun Kab/ Kota

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes, hipertensi, kanker dan lain-lain.

Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah; menurunnya produktivitas masyarakat; menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri. Untuk mengendalikan dan mencegah PTM lebih luas dapat dilakukan dengan membiasakan dan membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ada 5 tatanan dalam PHBS yaitu PHBS tatanan rumah Tangga, PHBS tatanan Institusi Kesehatan, PHBS tatanan Pendidikan/ sekolah, PHBS tatanan Tempat Umum dan PHBS tatanan tempat kerja. Masing-masing tatanan mempunyai indikator tersendiri, ada 10 indikator PHBS untuk rumah tangga yaitu . Persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI Eksklusif, menimbang Balita setiap bulan, menggunakan Air Bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat , melakukan PSN, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari,  dan tidak merokok di dalam rumah.

 Dalam upaya  meningkatkan PHBS di masyarakat telah di terbitkan kebijakan PHBS baik di tingkat DIY maupun Kab/ Kota, dan perlu dilakukan penguatan implementasi  Kebijakan PHBS yang sudah dihasilkan. Oleh karena itu Dinas Kesehatan DIY pada tanggal 23 Januari 2019 melaksanakan pertemuan penguatan implementasi kebijakan PHBS di Royal Darmo Hotel Malioboro.

Tujuan Pertemuan adalah untuk meningkatkan implementasi PHBS di masyarakat, evaluasi implementasi tahun 2018 dan rencana kegiatan di tahun 2019. Pertemuan di hadiri 30 peserta berasal dari penanggungjawab program promkes, penyehatan lingkungan serta kesehatan kerja dan Olahraga di DiY maupun Kabupaten/ Kota. Untuk peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di masyarakat perlu kerjasama antara Dinkes DIY,  Dinkes kabupaten/ Kota, lintas program dan lintas sektor serta pencermatan/ evaluasi kegiatan untuk mengetahui perubahan perilaku hidup sehat di masyarakat.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 27.602
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.253.123