Detail Info Kegiatan


  • 30 Juni 2020
  • 371
  • Info Kegiatan

Pelatihan Pengambilan Swab Nasofaring & Orofaring bagi Tenaga Teknik Laboratorium Medik (TLM)

Dalam rangka membantu percepatan penanganan COVID-19 di DIY, Dinas Kesehatan DIY bekerja sama dengan POLKESYO, PATELKI, BBTKLPP Yogyakarta, dan Perhimpunan Dokter Spesialis THT telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan pengambilan sampel nasofaring dan orofaring dalam situasi darurat untuk tenaga ATLM yang dilaksanakan pada hari Senin – Rabu, tanggal 22 – 24 Juni 2020 bertempat Gedung Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 262 orang ATLM yang dibagi dalam 2 angkatan, berasal dari Puskesmas, Labkesda Kab./Kota, BLKK DIY, RS Grhasia, RS Paru Respira, Poltekes Yogyakarta dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Sesuai dengan surat dari DPP PATELKI Nomor 053/I/DPP.PATELKI/03/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang Kewaspadaan terhadap Penyebaran COVID-19, maka PATELKI sebagai organisasi profesi ATLM menyampaikan bahwa “bagi ATLM yang mendapatkan tugas berkaitan dengan pengambilan spesimen untuk diagnosis COVID-19 dipastikan memiliki kompetensi yang memadai dengan menerapkan K3 sesuai protokol penanganan sampel COVID-19. Mengingat pengambilan spesimen nasofaring dan orofaring tidak termasuk dalam kompetensi ATLM hasil MUNAS PATELKI VIII tahun 2017 maupun dalam SKKNI bidang laboratorium medik tahun 2018, maka dalam rangka pelayanan kemanusiaan pada kondisi wabah ini apabila ada anggota PATELKI ditugaskan atau sebagai relawan dalam rangka melaksanakan tugas tersebut hendaknya dilatih terlebih dahulu oleh lembaga berwenang dan memperoleh sertifikat pelatihan.

 

Berdasarkan hal tersebut dan keberhasilan pelatihan pertama yang telah dilaksanakan pada tanggal 14- 15 April 2020 untuk peserta RS rujukan covid, maka dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan kedua pengambilan sampel swab nasofaring dan orofaring dalam situasi Darurat untuk tenaga  ATLM di Puskesmas, Labkesda sebagai lanjutan pelatihan tahap pertama yang ditujukan pada ATLM di RS Rujukan.

Tujuan dari pelatihan ini adalah :

  1. Memberikan pengetahuan kepada ATLM tentang persiapan, pengambilan swab nasofaring, orofaring, dan penyiapan pengiriman sampel COVID-19
  2. Memberikan pengalaman praktik kepada ATLM tentang pengambilan swab nasofaring, orofaring, dan menyiapkan sampel COVID-19
  3. Menyiapkan tenaga ATLM yang berkompeten dalam pengambilan swab nasofaring dan orofaring pasien terduga COVID-19.

 

Kegiatan Pelatihan Pengambilan Sampel Nasofaring dan Orofaring dalam situasi darurat untuk tenaga ATLM ini terselenggara dengan biaya DTT Tahap 3 APBD DIY tahun 2020.

 Diharapkan setelah selesai mengikuti pelatihan :

  1. Masing-masing peserta setelah pulang dari pelatihan ini akan mengambil swab Nasofaring dan Orofaring pada seluruh karyawan di tempat kerja.
  2. Dinas Kesehatan DIY akan bersurat ke Dinas Kesehatan Kab/Kota dan direktur RS untuk laporan tentang personil yang sudah dilatih, dan langkah selanjutnya para personil tersebut melakukan pemeriksaan pada semua tenaga di fasilitas kesehatan, kecuali pada RS hanya di ruang isolasi. Kelengkapan swab akan disediakan oleh Dinas Kesehatan DIY melalui BLKK untuk selanjutnya diambil oleh instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 468
  • Bulan Ini

  • 114.766
  • Total Kunjungan

  • 998.892